Makanan Tradisional yang Populer

makanan tradisional

Meskipun sudah digeser oleh makanan-makanan baru, makanan tradisional masih exist. Cita rasa yang autentik menjadi alasan mengapa masih banyak orang yang suka. Di seluruh Indonesia ini banyak sekali makanan yang tidak diketahui generasi milenial. Padahal soal rasa, tidak kalah dengan fast food yang bahkan tidak sehat untuk dikonsumsi di waktu yang sering. Dari banyaknya makanan tradisional di setiap daerah di Indonesia, beberapa ini yang paling populer.

Kerak Telor

Dimulai dari kudapan atau jajanan khas jadul, kerak telor memiliki rasa yang unik. Perbaduan antara manis, asin, dan gurih membuat makanan tradisional ini masih disukai. Bahan-bahan yang digunakan sangat sederhana seperti beras ketan putih, udang kering atau ebi, merica, garam, telor, dan bumbu lainnya. Kita bisa menemukan kuliner ini saat festival acara atau pasar malam.

Nasi Gudeg

Pindah ke makanan enak yang lebih berat, ada nasi gudeg. Karena makanan ini berasal dari Jawa Tengah yang identik dengan rasa yang manis, gudeg ini cocok disantap bagi anda penggemar makanan manis. Isian dari nasi gudeg ini adalah sayur nangka, krecek, baceman telor, tahu, tempe, dan ayam kampong. Bagi yang belum tahu, makanan tradisional ini diolah dengan waktu yang cukup lama lho. Tak heran jika bumbu nya sangat meresap.

Sop Konro

Sop konro adalah makanan tradisioanl selanjutnya yang berasal dari Makassar ini kaya akan rempah. Ciri khas dari kuahnya berwarna coklat, sop konro ini biasanya disajikan dengan burasa atau yang bisa disebut sebagai ketupat. Bahan utama yang digunakan adalah daging atau iga sapi. Kemudian dicampur dengan bumbu-bumbu halus seperti kemiri, ketumbar, jahe, kunyit, dan lainnya. Rasanya akan semakin gurih ketika ditambahkan dengan irisan daun bawah atau bawang goreng diatasnya.

Soto Lamongan

Selain sop konro, ada lagi makanan tradisional berkuah yang rasanya enak yaitu soto Lamongan. Seperti namanya, kuliner ini berasal dari Lamongan, Jawa Timur. Rasa segar adalah ciri khas utama dari makanan ini. ApalagiĀ  dengan tambahan kuah atau koya yang gurih. Semakin membuat napsu makan kita meningkat deh.